Uji coba Sirekap untuk pemilihan serentak 9 desember, Alisman : Aplikasi ini untuk memudahkan KPPS dan mendeteksi salah hitung

0
15

TOLITOLI, PORTAL SULTENG, Komisi Pemilihan Umum KPU Tolitoli pada Rabu (25/11) melakukan uji coba Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pemilihan Serentak 9 Desember 2020.

Pantauan portal sulteng, Uji coba ini digelar secara nasional via zoom meeting untuk mempersiapkan pemungutan, perhitungan suara, sampai dengan tahapan rekap untuk memastikan kesiapan penggunaannya.

Komisioner KPU Tolitoli, Alisman menjelaskan, Aplikasi Sirekap yang berbasis Android merupakan alat bantu dan penyempurnaan dari Aplikasi Situng yang dilaksanakan dalam pemilihan-pemilihan sebelumnya.

“kalau di situng kan, ada C1 lalu dikumpulkan ke KPU dan KPU akan memasukan kedalam aplikasinya sedangkan dalam aplikasi Sirekap langsung dalam TPS itu memfoto lalu langsung masuk aplikasi Server KPU RI,” kata dia.

Alisman menambahkan, aplikasi ini dapat memudahkan KPPS mengecek kesesuaian data yang tertulis.

Kemudian, juga dapat mendeteksi salah hitung, dan tidak repot lagi menyalin form c untuk para pihak, karena sirekap akan mengeluarkan salinan c yang dapat didownload dan dishare sesuai peruntukannya.

Setelah uji coba Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), selanjutnya KPU masih akan melakukan bimbingan teknis dan rapat koordinasi mulai dari PPK hingga KPPS. (media kpu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here