Antisipasi pemilih transfer, Bawaslu ajak pengawasan partisipatif dari masyarakat

0
21

TOLITOLI, PORTAL SULTENG, Bertempat di Kantor Lembaga penyiaran Publik Radio Republik Indonesia  Kabupaten Tolitoli. (Senin, 23/11/2020) Komisioner Bawaslu Kabupaten Samsuri saat menjadi narasumber dalam program bedah isu bertajuk Antisipasi Pemilih Transfer dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020,

amatan portal sulteng bawaslu menyampaikan sangat perlu melakasanakan Pengawasan partisipatif untuk mewujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi. Hal ini juga sebagai sarana pembelajaran politik bagi pemilih dalam perhelatan pilkada serentak.

Bawaslu kabupaten tolitoli berupaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pilkada meski dilaksanakan dalam kondisi bencana Non-Alam Covid-19, baik dalam pengawasan pemilihan maupun dalam menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara.

Sesuai dengan tagline bersama rakyat awasi pemilu, bawaslu kabupaten tolitoli telah banyak melakukan inovasi pengawasan diantaranya adalah kegiatan safari jumat yang dilaksakan setiap pekan di daerah yang berbeda-beda hingga sosialisasi yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat.

Selain itu menyinggung soal pelaksanaan pemungutan suara Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Tolitoli  ini juga menyampaikan akan mencermati pemilih baru dan berkoordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berkenaan dengan keterbatasan cadangan surat suara yakni 2,5% dari Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten Tolitoli.

Dalam kesempatannya ia menambahkan kemungkinan terjadinya pemilih transfer lebih kecil karena bawaslu telah memaksimalkan pengawasan. Selain itu jajaran kami di tingkat kecamatan hingga di tempat pemungutan suara nantinya adalah orang-orang yang berdomisili di daerah setempat. sehingga jika ada pemilih baru yang tidak dikenali akan diawasi secara langsung. Tutupnya. (media bawaslu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here