Tingkat Pengangguran Di Tolitoli Bisa Turun Dalam Seratus Hari

0
790
Muchtar Deluma

Tolitoli, Portalsulteng.com – Tingginya tinggkat penganguran di Kabupaten Tolitoli dapat ditekan dalam 100 hari kerja Kepala Daerah.

Hal tersebut diungkapkan Muchtar Deluma pada sebuah kegiatan silaturahmi dengan sejumlah warga di Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulteng pada Jumat (24/8/2020).

“Bukan gampang, tapi tidak terlalu sulit mengatasi masalah pengangguran di Tolitoli ini,” kata Muchtar.

Menurutnya banyak sekali yang bisa dilakukan, yang dibutuhkan hanyalah niat lurus dan kreatifitas pemimpin. “Tolitoli ini daerah sejuta potensi,” katanya.

Sebagai contoh, bakal calon Bupati Tolitoli itu menyebutkan, di Kabupaten Tolitoli terdapat ribuan hektar lahan tidur. Kata dia, jika lahan tersebut dikelola dengan baik akan menyerap ribuan tenaga kerja.

Dia membandingkan kondisi Tolitoli dengan NTT. Di NTT, sebutnya, untuk makan 1 ekor sapi butuh 1 hektar tanah, sedangkan di Tolitoli 1 hektar tanah bisa untuk 100 ekor sapi.

Muchtar juga menceritakan bahwa dia mengolah 10 hektar lahan untuk tanaman jagung dan memperoleh keuntungan fantastis.

“Kemarin saya panen dapat untung Rp 180 juta dari 10 hektar tanaman jagung,” ceritanya.

Pengalamannya itu ungkap Muchtar, bisa diterapkan untuk menggarap lahan tidur disetiap desa di Tolitoli.

“Kita siapkan alat pertaniannya, setiap desa kita sediakan dua jonder. Satu jonder dapat mengerjakan 4 hektar lahan setiap hari,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Muchtar, jika hal itu dilakukan maka ribuan hektar lahan tidur yang ada dapat diproduktifkan dan akan menyerap tenaga kerja. Berdasarkan pengalamannya, dalam 100 hektar lahan jagung membutuhkan 20 tenaga dengan penghasilan Rp 10 juta perbulan per pekerja.

“Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan menggali segala potensi Tolitoli, dari darat hingga lautnya” pungkas Muchtar. (Wandi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here