Silaturahmi di Belakang STD. Jemy Yusuf Ajak Pilih Muhtar-Bakri

0
204
Jemi Yusuf

Tolitoli, Porltalsulteng – Muchtar Deluma ditemani wakil ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Jemy Yusuf melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat komplek belakang STD kelurahan Baru. Senin 24/8/2020.

Pada kegiatan yang dihadiri perwakilan partai koalisi dan jaringan relawan Muchtar Bakri itu, Jemy yusuf menyampaiakan bahwa Tolitoli dengan segala problematikanya membutuhkan figur pemipin yang dapat memberi solusi.

“Kita membutuhkan orang orang yang cerdas, orang orang yang bertangan dingin,dan mampu menyelesaikan masalah masalah yang di hadapi masyarakat,” kata Jemi Yusuf.

Dia juga menyoroti masalah keterbatasan lapangan kerja. Kata Dia, banyak anak muda produktif saat ini tidak punya pekerjaan.

Menurut Jemi, berdasarkan data statistik, pengangguran tamatan SMA SMK di Kabupaten Tolitoli berjumlah lebih dari 3000 orang. Sedangkan, serguruan tamatan perguruan tinggi jumlahnya hampir 50 %.

“Bayangkan kita orang tua harus pontang panting, bahkan harta kita pertaruhkan, tidak kenal siang dan malam mencari rezeki sekedar menyekolahkan anak anak kita agar kelak di kemudian hari dengan pendidikan yang mereka miliki maka mereka akan mendapatkan pekerjaan yang layak tapi ternyata kita tidak mampu untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk mereka,” ungkapnya.

Wakil ketua DPRD itu menjelasakan, tingginya tingkat pengangguran di Tolitoli berdampak pada meningkatnya jumlah masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

“Anggka kemiskinan di kabupaten ini lebih dari 31.000 jiwa, hampir 14 %, menurut data Statistik Kabupaten Tolitoli,” sebutnya.

Jemy menjelasakan, tingginya angka kemiskinan ini disebabkan ketidakmampuan daerah menciptakan lapangan kerja.

“Selama ini daerah kita hanya mampu mencetak pengangguran,” cetus mantan ASN kementerian Pertanian itu.

Jemi juga menyoroti soal nasib petani cengkeh, kata dia, ada instrumen yang di sediakan pemerintah pusat untuk bisa menangani fluktuasi hargacengkeh, hanya saja pemerintah daerah tidakmenggunakan instrument itu.

Lanjut Jemi, melimpahnya cengkeh di Tolitoli seharusnya jadi nilai tambah yang dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Dia menyebutkan, Kabupaten Kudus, Kediri, Malang mampu menciptakan pabrik pengolahan cengkeh menjadi rokok.

“Untuk apa kita berpolitk (berkuasa) jika tidak mampu mensejahterakan masyarakat,” cetusnya.

Diahir penyampaiannya wakil ketua DPRD Tolitoli dari fraksi Golkar itu  mengingatkan, agar memberikan tanggung jawab kepada orang yang punya kemampuan.

“Untuk itu saya mengajak kita sekalian untuk bersama sama kita menangkan bapak Muchtar Deluma Menjadi Bupati tolitoli kedepan dan bapak Bakri Idrus menjadi wakil bupati tolitoli lima tahun akan datang,” ajak Jemi.

Di kesempatan yang sama calon Bupati Tolitoli Muchtar Deluma SH MM menyampaiakan, program unggulan 100 hari kerjanya adalah membuka lapangan kerja untuk penggangguran dan untuk masyarakat Tolitoli.

“Kami yakin bisa melakukannya, sesuai dengan visi kami Tolitoli cerdas berdaya saing maju dan sejahtera,” sebut Muchtar. (Erfan Akil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here