KAHMI dan HMI Diminta Jaga Independesi Jelang Pilkada Tolitoli

0
358
KAHMI dan HMI

Tolitoli, Portalsulteng.com – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulawesi Tengah melakukan silturahim dalam rangka koordinasi dan konsolidasi dengan Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Tolitoli.

Silaturahim tersebut bertujuan untuk pengutan kelembagaan KAHMI dalam menjaga independensi ditengah penyelenggaraan pesta demokrasi.

Drs. Sudirman K. Uja, M.Si sebagai pelaksana tugas koordinasi dan konsolidasi yang ditunjuk oleh Majelis Wilayah KAHMI Sulteng mengatakan, KAHMI harus mampu menjaga independensi terhadap semua kepentingan politik.

“Saya selaku pengurus KAHMI provinsi menekankan, terkait dengan kemampuan kita menjaga independensi terhadap semua kepentingan politik,” kata Drs. Sudirman kepada portalsulteng.com. Kamis (20/8/2020).

Dia mengatakan anggta KAHMI boleh berpolitik tapi tidak boleh membawa nama lembaga KAHMI dalam aktifitas politiknya.

“Karena kita harus menjaga independensi moral dan independensi organisatoris,” tekannya.

Mengenai telah habisnya masa kepengurusan KAHMI Tolitoli periode saat ini, Drs. Sudirman menyampaikan bahwa restrukturisasi KAHMI Tolitoli akan dilakukan setelah pemilihan kepala daerah.

“Karena bertepatan dengan pilkada, restrukturisasi organisasi akan dilakukan setelah pemilihan kepala daerah,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris KAHMI Tolitoli, Irpan Supu menegaskan bahwa setiap anggota KAHMI harus benar-benar menjaga komitmen nilai-nilai independensi organisasi.

Sebagai organisasi yang lahir dari kesamaan sejarah di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), maka katanya,  KAHMI memiliki nilai independensi etis yang berarti keberpihakan pada kebenaran yang sudah teruji dan bernilai.

“Jadi HMI dan KAHMI itu tidak bisa digiring ke golongan manapun juga. Itu kata kata kuncinya,” tutup Irpan. (Wandi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here