Bupati Tolitoli Presentasi Rencana Tambak Udang Paname di Dirjen Kementerian LHK RI

0
129
Bupati Tolitoli

Tolitoli, Portalsulteng – Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli tengah berupaya mengembangkan budidaya udang vaname (Litopenaeus Vannamei) dengan membuka tambak budidaya di Desa Lingadan Kecamatan Dakopemean.

Udang vaname memiliki beberapa karakteristik spesifik seperti mampu hidup pada kisaran salinitas yang luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit, sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak.

Pantauan portalsulteng Pembuatan tambak udang vaname di Desa Lingadan itu direncanakan seluas 86,56 hektare namun saat ini luas blok yang tersedia baru mencapai 43,30 hektare sehingga masih harus ditambah seluas kurang lebih 43,26 hektare.

Oleh sebab itu, diperlukan regulasi dalam bentuk Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia yang menetapkan Peta Indikatif Penundaan Pemberian Izin Baru (PIPPIB).

Terkait dengan hal itu, Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH Rabu pagi (12/8) menemui Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK RI Sigit Hardwinarto di Jakarta guna menyampaikan lokasi tanah penguasaan masyarakat Desa Lingadan yang masuk dalam areal PIPPIB.

Pada kesempatan itu, Bupati yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Mubarak, SH dan Kepala Sub Bagian Administrasi Kewilayahan Bagian Pemerintahan Setdakab Tolitoli Victor Kesaulya memaparkan gambar lokasi rencana tambak udang melalui citra satelit resolusi tinggi dengan SASPlanet yang disaksikan oleh Dirjen dan sejumlah pejabat pada Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK RI.

Paparan Bupati tersebut disambut baik didiapresiasi dengan baik oleh Dirjen dan meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Bupati untuk menyusun kembali permohonan pelepasan blok PIPPIB.

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan mengatakan selain ketersediaan lahan yang cukup di Desa Lingadan, budidaya udang vaname potensi bisnisnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani tambak.

Olehnya itu perlu dioptimalkan lahan tambak yang ada. Daerah-daerah di kawasan pantai Kabupaten Tolitoli khususnya di Kecamatan Dako Pemean punya potensi besar untuk dikembangkan menjadi sentra produksi udang vaname, kata Bupati. (Erfan)

Sumber : humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here