Segera Daftar. Program Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka

0
315
Kartu Prakerja

Setelah mengalami beberapa kali penundaan akhirnya Program Kartu Prakerja Gelombang 4 resmi dibuka kemarin. Sabtu (8/8/2020).

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memastikan pada gelombang 4 ini kuota penerima Kartu Prakerja lebih banyak dari gelombang sebelumnya

“Kuota jumlah penerima Kartu Prakerja per gelombang akan jauh lebih besar daripada 3 gelombang sebelumnya,” kata pihak manajement dikutip dari Tribunnews.com. Minggu (9/8/2020).

Untuk mendaftar calon penerima Kartu Prakerja dapat malakukannya secar online maupun ofline.

Perlu diperhatikan untuk mengikuti program ini sesorang harus berkewarganegaraan Indonesia, berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Cara mendaftar secara online

Buat akun di situs resmi Kartu Prakerja https://www.prakerja.go.id/

Dilangkah ini calan peserta akan mengisi formulir dengan memasukkan email dan membuat pasword. Selanjutnya akan ada notifikasi dikirim ke email yang sudah masukkan sebelumnya.

Isi formulir pendaftaran

Klik tautan pada email notifikasi, tautan tersebut mengarahkan ke halaman verifikasi, klik masuk lalu masukkan email dan pasword kemudian klik login, selanjutnya isi formulir pendaftaran.

Selesaikan tes motivasi kemampuan dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Pilih jenis pelatihan yang diinginkan

Setelah dinyatakan lulus setiap peserta program akan dihubung untuk memilih dan mengikuti jenis pelatihan yang diinginkannya.

Cara mendaftar secara ofline

Cara ini merupakan cara alternatif jika tidak dapat melakukan pendaftaran secara online. Pendaftara secara ofline dilakukan melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah (Dinas Ketenagakerjaan).

Dilansir dari kompas.com, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ruddy Salahudin, mengatakan, pemohon harus datang sendiri dan langsung mendatangi instansi tersebut.

“Dari permohonan tersebut, lalu nanti secara kolektif dikumpulkan oleh kementerian/lembaga dan dari kementerian/lembaga nantinya akan mengirimkan pendaftaran. Setelah disahkan oleh menteri ketenagakerjaan (kemudian) dikirimkan kepada PMO sehingga nanti PMO akan mengukuhkan penetapan calon peserta kartu prakerja tersebut,” jelas Rudy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here