Akan Masuki Purna Tugas Sekda Tolitoli Ungkap Sebuah Ironi

0
671
Sekda Tolitoli

Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si yang akan memasuki masa purna tugas awal September 2020 ini mengungkapkan sebuah ironi.

Ironinya, kata Sekda, di Kabupaten Tolitoli ada ribuan orang yang ingin jadi  PNS tapi yang sudah berstatus PNS  tidak menunjukkan kedisiplinan, dedikasi dan loyalitasnya.

“Termasuk tidak punya upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya dalam bekerja,” tambah sekda dalam sebuah rilis yang diterima media ini, Senin (3/8/2020)

Dia melanjutkan, Tugas-tugas PNS lebih banyak dikerjakan oleh tenaga-tenaga harian berstatus Non PNS sehingga tidak heran jika tenaga Non PNS lebih mahir dan lebih paham dengan tugas-tugas di kantor dibanding dengan PNS.

Sekda juga mengungkapkan, salah satu faktor penyebab pegawai malas mematuhi jam kerja karena tidak menguasai dan tidak memahami cara menggunakan peralatan kantor. “Utamanya peralatan elektronik seperti komputer atau laptop,” katanya.

Parahnya lagi, lanjut Sekda, fenomena ini banyak dijumpai di kalangan PNS yang sudah menduduki jabatan baik jabatan pengawas (Eselon IV) maupun jabatan Administrator (Eselon III).

Sehingga, kata Sekda, setiap tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh atasan diserahkan lagi kepada pegawai Non PNS untuk dikerjakan.

Oleh sebab itu, Sekda mengingatkan kepada seluruh PNS khususnya seluruh pejabat untuk jangan berhenti belajar utamanya dalam menguasai tugas pokok dan fungsinya serta menguasai peralatan elektronik yang tersedia di kantor.

Dinamika yang ada di lingkup birokrasi dewasa ini, kata Sekda, menuntut setiap aparatur untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus menguasai penggunaan aplikasi-aplikasi elektronik.

“Saat kita sudah masuk pada Sistem e-Government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik. Sistem e-Government ini diplot untuk memperbaiki sistem birokrasi konvensional yang selama ini diterapkan oleh sebagian besar pemerintahan daerah,” Tutup Sekda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here