Pelka Anak GPIBT Tolitoli Terima Penyuluhan Covid-19

0
21
Pelka Anak DPIBT Tolitoli

TOLITOLI, PORTALSULTENG.COM – Pelayanan Kategori (Pelka) Anak Gereja Protestan Indonesia Buol Tolitoli (GPIBT) Jemaat Imanuel Tolitoli melaksanakan penyuluhan pencegahan Covid-19.

Kegiatan edukasi tersebut digelar usai pelaksanaan Ibadah Tasik di Pantai Doiyan Desa Ogomoli Kecamatan Galang pada Sabtu siang (18/7/2020).

Hadir sebagai pembicara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A. Jacub dan seorang tenaga kesehatan RSUD Mokopido Tolitoli Fortinandi Manupil.

Dihadapan 50 orang peserta yang terdiri dari anak, orang tua dan pelayan anak, Arham menjelaskan bagaimana Covid-19 ditularkan.

“Penularannya melalui droplets yakni percikan batuk atau bersin”, Kata Juru Bicara yang juga menjabat sebagai Kepala Baian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli itu.

Adapun gejalanya lanjut Arham, ditandai munculnya batuk pilek, flu, demam dan gangguan pernapasan dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan gagal napas dan berakhir kematian. Namun, katanya, ada juga yang tidak menampakkan gejala.

Untuk melawan virus ini kata Arham, hal utama yang perlu dilakukan adalah tindakan pencegahan. Seperti sering cuci tangan pakai sabun, menerapkan etika batuk, selalu pakai masker, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Diakhir materi, Arham menginformasikan bahwa saat ini kita masuk pada fase New Normal yang dinarasikan menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dengan maksud agar kita bisa bekerja, belajar dan beraktivitas dengan produktif di era Pandemi Covid-19.

(F A I Z A L – Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here