Rustan Rewa Beri Pesan Penting di Pertemuan Bulanan IPDMIP

0
183

TOLITOLI, PORTALSULTENG – Program Integrated Participatory Development and Manajemen of Irrigation Proyek (IPDMIP) melaksanakan Monthly Extesion Review Meetings atau pertemuan bulanan.

Pertemuan dengan agenda review pelaksanaan penyuluhan proyek IPDMIP di Tolitoli itu dilaksanakan di salah satu Rumah Makan tepi laut Tanjung Batu pada Rabu (15/07/2020)

Di awal pertemuan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan hortikultura Kabupaten Tolitoli Rustan Rewa, S,P., M.P. menyampaikan penguatan kepada tim Penyuluhan Program IPDMIP.

Rustan mengatakan keberadaan program IPDMIP ini tidak lain untuk mewujudkan ketahanan Pangan nasional dan mendorong peningkatan produksi beras Nasional.

Apalagi, kata Rustam, saat ini semua jenis usaha dan perdagangan terdampak pandemic. Sehingga katanya, kegiatan pertanianlah yang menjadi ujung tombak peningkatan ekonomi petani dan masyarakat,

Kadis Distanpanghorti itu berpesan kepada semua tim penyuluh dan tim program IPDMID agar benar-benar menjadikan pertemuan bulanan ini untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kendala atau kekurangan dimasa sebelumnya harus menjadi catatan penting. Semua tim penyuluh dan tim program IPDMID harus saling bahu membahu,” pesannya.

Berbagai permasalahan dan kendala seputar penyuluhan dilapangan tuntas dibahas dalam pertemuan yang dilaksanakan sehari itu.

Kesimpulannya, Kegiatan Sekolah Lapang tanaman terpadu padi di 5 Daerah Irigasi perlu ditingkatkan untuk menambah pengetahuan para petani dalam melaksanakan budidaya padi sawah sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian.

Perlu diketahui, Program IPDMIP adalah program Kementerian Pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.

Adapun sasaran IPDMIP yakni peningkatan produksi padi, merehabilitasi jaringan irigasi, mencetak sawah beririgasi, menjamin tersedianya air untuk irigasi serta meningkatkan infrastruktur pertanian.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kabid Prasarana dan Sarana pertanian Nizmah Assegaf, S.P., M.P, Koordinator Kabupaten/Tenaga Ahli Kabupaten Abdul Razak, Koordinator Penyuluhan, Bidang Administrasi Program Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BPP Damsel, Damput dan Tolut, TPM Bappeda, Pengawas Benih, Penyuluh di wilayah proyek IPDMIP beserta Dinas terkait (EA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here